Tentang SMP Negeri 2 Talun

smpn-2-talun.jpgSMP Negeri 2 Talun berdiri tahun 1998, diawali dengan 1 rombongan belajar. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pertama kali masih menumpang di SD Negeri 3 Sengare.
Barulah tahun 2000 SMP Negeri 2 Talun mulai menempati gedung baru berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19/V/1999 sebagai Unit Sekolah Baru (USB) bersama dengan beberapa sekolah yang lain.
Pada awalnya berdiri, SMP 2 Talun masih diampu oleh guru SMP Negeri 1 Talun dan beberapa guru kontrak (Ikhwan Susanto, Khomsah Rowiyani, Suprapti, Fitri Handoyo, dan Ratna).
Bulan Desember 2000, SMP Negeri 2 Talun mendapatkan droping 3 guru CPNS dan seorang Kepala Sekolah, Drs. Mas’oet, M.M. Kegiatan belajar mengajar kemudian pindah dan menempati gedung baru (yakni yang sekarang ditempati) pada 1 Februari 2001.
Gedung baru yang ditempati pada awalnya masih kosong, tanpa meja, kursi, papan tulis, dan sarana lainnya. Dengan keprihatinan yang ada, siswa pada awalnya belajar di lantai, beralaskan tikar dan dengan papan tulis yang dibeli dari kocek guru.
Setelah itu barulah ada droping peralatan dari pemerintah untuk penunjang KBM.
Dari tahun ke tahun berbagai pembenahan terus dilakukan, mulai dari penambahan ruangan kelas, buku-buku, peralatan laboratorium, hingga pengadaan peralatan keterampilan (mesin jahit) dan komputer.
Selain itu, jumlah pendaftar di sekolah yang terletak di dataran berbukit ini terus menunjukkan grafik peningkatan. Tahun 2001 sekolah ini untuk pertama kalinya mampu meluluskan siswanya.
Bulan Mei 2005 pimpinan sekolah pun mengalami pergantian. Kali ini penggantinya adalah Pramudarno, S.Pd. Para pengajar yang semula sangat minim juga mengalami penambahan.
Pada masa kepemimpinan Pramudarno, S.Pd. berbagai rehab ruang kelas dilakukan. Hal ini dilakukan karena kondisi bangunan yang tidak tahan cuaca (dingin) dan rayap yang menggerogoti bangunan (terutama yang berbahan kayu). Di samping itu pencanangan prestasi juga dilakukan. Dalam berbagai kegiatan, siswa SMP Negeri 2 Talun mulai unjuk gigi, baik di tingkat kecamatan, kabupaten, hingga nasional, meskipun tidak terlalu menonjol.
Prestasi itu ditunjukkan dengan pencapaian hasil UN tahun 2006 (peringkat 9 kabupaten Pekalongan), juara 1 dan 3 lomba mengarang tingkat kabupaten (atas nama Maria Sriwanti dan Utik Arovita). Khusus untuk Utik Arovita karangannya mewakili kabupaten Pekalongan ikut lomba di tingkat provinsi. Di bidang Pramuka, dua siswanya tahun 2006 terpilih mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) mewakili Provinsi Jawa Tengah.
Mulai Maret 2008, pucuk pimpinan sekolah ini dipegang Mucikno, S.Pd. dan digantiakn 8 bulan kemudian oleh Fuad Dulkhirom, S.Pd. Kiprah sekolah ini diharapkan ke depannya kian membaik tentunya.

Laporan: Dwi Agus Indarti dan Zulmasri

27 Tanggapan

  1. Halo salam kenal.. Galery fotonya kurang banyak..😆 . Aku dulu juga jurnalis mading kelas jaman SMA. hihihi Tapi seringnya bikin artikel gosip seputar sekolah. Soale itu yang paling laris dan dapet top request. Sampe guru2nya juga digosipin. Pas gurunya baca, beliau gak tau kalo tulisan itu mengenai beliau….:mrgreen: Jangan dicontoh ya.. OK Terus berkreasi.

    …> salam mas. blognya memang penuh keterbatasan, maklum masih belajar. trims masukannya mas.

  2. emmmm,,,,,
    bener deh galeri foto,,,,kgitan belajar mengajar,,,,kasi snapshot kyanya llucu deh…..panorama desa sengare juga dong…..

    terus berkarya…..semangat,,,,

    …> iya mbak. masih banyaaak yg hrs dibenahi. trims masukannya.

  3. Bagus sekali ya..
    Biar terpencil tetap berprestasi.
    Selamat!

    …> terima kasih pak.

  4. Ak salut sama sekolahanku sndiri, dan sama guru2ku tercinta. Udah mau berjuang untk smp2 talun. Walaupun dulu ak termasuk murid yang bandel, dan berani melawan guru. Tp karena kalian ak jd bs. Ak adalah salah satu mantan siswa smp2 talun. Nama ak arodi, dan tmn2 ak suryono, yokit, soly, nurudin, ira, isnanti, dwi, lina, rahwati. Wlpun kita jarang ktmu, ak hrp kalian akn sll kompak, n jangan pnh lupa ma ak.

    …> trims mas arodi. silakan dijadikan ruangan web blog ini untuk ajang reuni. malah kalau perlu bereuni ke sengare.

    bgm para alumni, kapan mau dibentuk wadahnya? mari bersama-sama bangun smp 2 talun. sumbangsih para alumni ditunggu.

  5. bagaimana menjalankan roda sekolah biar cepat maju?

  6. pak kepala sekolah, saya punya usul nih pak, gmn klo lebaran nanti, di smp 2 talun di adain reunian, pokoknya dari siswa yang udah lulus aja pak, klo mslh dana, nanti bisa patungan,,,,, gmna pak kepsek,setuju ga,,,,,

  7. hay smp 2 talun, pa kabar,,,,
    aku subeghi alumni thn 2002/2003 smp2 talun
    gmn pak/bu klo kita adain reonian,????
    nanti habis lebaran aja<<<
    trims pak kepsek,,,,

  8. salam.
    ternyata untuk ke smp 2 talun tidak sejauh dan lama seperti yg saya bayangkan .cukup 30 detik sudah sampai!
    Bgmn kabar pak Slamet Wibowo? sudah tune in di sini ?
    Pak Fathur , PIYE, SUWE ORA JAMU……..
    Makasih.

  9. pak, Bu, sudah lama ea blognya ?, sampe kaget aku liad Blog punya SMP 2 Talun yang bagus dan berisi
    boleh dums saia minta ajarin buat yang seperti ini😀

    dari : shamy Kurniawan

  10. salam kgeeen bwat smp n 2 talu.stiap aku buka internet ta lupa aku bka web ini. karna aku sllu merindukan sekolahan smp n 2 talun.karna dia yg telah membimbing aku waktu kecil.sampe aku bsa pintar.dan pokonya banyak skali jasa2 nya terhadap sekolahan smp n2 talun.terhadap aku.udah lama aku dah ga pernah main.mungkin skitar 5 thn.sjak perpisahan itu.sampe skarang aku ga pernah main lagi.pesan yg aku ingin aku sampekan…TERUSLAH MAJU.dan aku ingin mengucapkan banyak trima ksih kpada bpa kepala skolah dan guru sampe stap stap tu yg aku cintai.yg telah meperjuangkan dmi skolahan smp n 2 talun….

  11. assalamu,alaikum….kpada bpa kepala skolahan yg aku hormati dan kepada bpa /ibu guru dan para stap stap nya yg aku cintai.pertama aku pginngucapin TRIMA KASIH.atas dukungan nya.untuk bsa mengajar di skolahan smp n 2 talun.karna berkat bimbingan bpa dan ibu guru anak kecamatan talun tambah maju n pintar pintar.!!owhya pesan pesan ku aku kpada bpa dan ibu guru TERUSLAH BERJUANG DMI MASA DPAN ANAK ANAK SMP N 2 TALUN.txhs ya salam dari arifin anak dukuh sengare krajan.

  12. ass,haloo! smuanya!aku kgn BGT sama SMP,bpk dan ibu gru mch inget aku ga’?Q lulusan 2007/2008,yg cntix tuch sich(he…..he…he…….),px zul tlg sampaikan salamku tuk smua guru2,aku ucpkan banyak trima kasih yang tlah membekali banyak ilmu kpdku dan slalu sabar dlm mnghdpiku dlm mncri ilmu (cngengesan,nakal,dll)
    Aku minta maaf yang sebesar-besarnya,tolong di maafkan ya……..
    terima kasih, wass…

  13. u nak mana nhe all…. nhe w nak sengare kidul jgn lupa y….
    kluarga sengare yg tinggal di jakarte. jgn lupa y ma w

  14. Basuki afeny sengare kidul bagian barat. klrga ; soari turah raiti,ma g carumi. A kufyaen umba.TRSLAH BRJYA SMPN SNGRE

    • mari kita bangkit & berjuanglah dmi menjaga smpn sengare talun pekalongan agar aman dan lbh indah q setuju dgn kata2 aro trimakasih

  15. owhya ni email yahoo. aku ya…mucharif05@yahoo.com…!!!

  16. hii…pa kabar SMP NEGRI 2 TALUN…???aku mw titip2 salam nii…bwat semua pembina SMP NEGRI 2 TALUN.TERUSLAH BERJUANG DAN JANGANLAH PATAH SEMANGAT DEMI masa depan anak2 SMP NEGRI 2 TALUN.walopun terpencil tapi dgan kita semangat.INSYA ALLAH aku percaya smp NEGRI 2 TALUN ini akan tambah maju….

  17. heheeeeeeeee maaf ya ngetiknya aga asal2an..?tapi yg pasti aku slalu berdoa bwat kemajuan SMP NEGRI 2 TALUN INI..TXHS YOU HEMMMMMMMMMM

  18. SMP 2 TALUN”?, kni tinggllh sebwh certa di dlm msa laluku, ak sungguh bertrmksh bnyk bwat bpak/ibu guru, yg sudah mau bersabr dan trus bersbr mengajar dan mendidikku,mungkin dulu, aku tdk tau btpa pentingny ilmu itu,dan tdk mau bljar sungguh2. aku slalu berdo’a untk SMP 2Talun tetap Jaya slalu,,,, Amien…..

  19. aku cinta SMP N 2 TALUN,,,,,,

  20. SORRY PLEASE FATHER AND PRINCIPAL TEACHER WITH MOTHER OR FATHER STAP TU KNOW IF ANY OF THE EXISTENCE OF THE FIRST EVER MOTHER Agustin TEACHING IN SCHOOLS SMP N2 Talun PLEASE GIVE ME KNOW. BECAUSE I WANT TO MEET HIM ONCE
    FROM PHONE ARIFIN hehehee 0878 7819 7800 THANKS

  21. its my school

  22. tetap jaya smp kita….

  23. ayo saling berbagi pengalaman. mampir di SMP N 2 Pulosari Pemalang (Espero) di http://www.sanggarpendidikanfisika.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: